Powered By Blogger

Selasa, 16 September 2008

Knowledge Management

Knowledge Management (Manajemen Pengetahuan/KM), sebuah bidang manajemen yang lagi ng-trend sekarang - kata dosen KM saya - ini, menurut pengertian saya sebgai mahasiswa ketika mengikuti kuliahnya, yaitu bagaimana sebuah organisasi me-manage pengetahuan yang dibutuhkan organisasi tersebut dalam mempertahankan hidupnya. dan salah satunya implementasi yang mudah menurut asas KISS (Keep It Simple, Stupid) adalah dengan penggunaan aplikasi komputer sebagai portal maya KM, seperti:
  • SAP
  • Joomla!
Kali ini, saya sedikit membahas KM pada perusahaan telekomunikasi Prancis, Boygues Telecom, dalam rangka meningkatkan daya saing bisnisnya dengan mengatur aliran informasi di dalam tubuh perusahaan tersebut.

Perusahaan tersebut menerapkan 4 sistem KM dengan software Microsoft Sharepoint Portal Server, yaitu:
  1. Penyediaan bantuan online bagi karyawan
  2. Penyediaan sistem referensi teknik bagi teknisi lapangan
  3. Penyediaan penyimpanan dokumen dalam pengembangan sistem informasi perusahaan
  4. Penyediaan teknologi baru
Terakhir, berikut beberapa pendekatan terbaik dalam mengimplementasi KM di suatu perusahaa, yaitu:
  1. Identifikasi kebutuhan akan aplikasi KM
  2. Kualifikasi kesempatan membuat knowledge base
  3. Definisikan knowledge base
  4. Implementasi knowledge base
  5. Kembangkan manajemen perubahan yang terfokus
  6. Dapatkan sukses dari penggunaan KM
Dengan demikian, implementasi KM pada perusahaan dapat membantu perusahaan tersebut dengan cara me-maintain pengetahuan dalam perusahaan tersebut.

Ditunggu komentar pembaca blog setiaku..CMIIW

Best Regards, Budink

3 komentar:

ockiez_zone mengatakan...

Fiiiuuhhhh, bahsa2 lw pada pd baku2 bner yah, pa g yg lg ngigo ini,, hoho.....

Anonim mengatakan...

hehehehe..

Lagi2KM.. semangat yak!!

Md Santo mengatakan...

Sehubungan dg pemahaman KM, saya atas nama PT Mobee dg PT BlueMoon Tech sbg holding company mengajak anda ber"social networking", "active colaboration" dan saling berbagi pengetahuan (sharing knowledge) melalui Social Networking Site (SNS) MOBEE KNOWLEDGE COP (COP=Community of Practice) yg heading-nya berbunyi sbb : " Learn how to be in state of LEARNING, GROWTH, and INNOVATION through our Community of Practice (COP) in Knowledge Management (KM)".

Situs menyediakan "explicit knowledge" atau pengalaman/pencapaian PT Mobee sebagai bahan awal forum/diskusi/blog dsb, tapi diharapkan selanjutnya juga menerima bahan-bahan dari luar Mobee untuk diskusi yg lebih luas. Masukan, tanggapan, input, pertanyaan dsb bisa dalam Bahasa Indonesia atau Inggris.

Untuk perkenalan awal dan sekaligus memahami konten kami secara holistik, mohon anda "copy-paste-click" discussion link :
http://mobeeknowledge.ning.com/forum/topic/show?id=2090583%3ATopic%3A2062 ( OUR KNOWLEDGE MAP )

Terima kasih

Md Santo
Knowledge Manager Mobee & BlueMoon Tech